Pemkab Kaji Hibah Tanah untuk Kantor KPU Kudus

Bagikan :
SINERGITAS: Rombongan KPU Kudus menyerahkan buku laporan penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada Plt Bupati Kudus H.M. Hartopo, Selasa (21/01/20).

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus bersilaturahmi ke Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus H.M. Hartopo di pendopo kabupaten, Selasa pagi (21/01/20). Dalam kesempatan itu, rombongan penyelenggara pemilu tersebut menyerahkan buku laporan penyelenggaraan Pemilu 2019 serta memberikan piagam penghargaan dan buku profil anggota DPRD Kudus periode 2019-2024.

Rombongan KPU Kudus yang datang, yakni Ahmad Kholil (Divisi Sosialisasi Parmasdiklih dan SDM); Cahyo Maryadi (Divisi Hukum dan Pengawasan); Dhani Kurniawan (Divisi Teknis Penyelenggaraan); Miftahurrohmah (Divisi Perencanaan Data dan Informasi); serta Sudartono (Kasubag Umum). Adapun dari Pemkab Kudus, Plt Bupati H.M. Hartopo didampingi Sekda Sam’ani Intakoris; Asisten I Agus Budi Satriyo; Asisten III Mas’ud; Kepala BPPKAD Eko Djumartono; serta Kabag Tapem Antonius Agus Triko Irianto.

”Kami mengucapkan terima kasih banyak atas peran serta Pemkab Kudus selama Pemilu 2019. Sebab, berkat bantuan pemkab, pemilu berjalan sukses dan kondusif,” kata Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kudus Ahmad Kholil kepada Plt Bupati H.M Hartopo.

Menurutnya, pemkab mempunyai peran vital dalam kesuksesan pemilu. Dukungan fasilitas tempat maupun personel, mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa, hingga RT dan RW sangat berarti bagi KPU. Untuk itulah, meskipun pemilu sudah usai, jalinan tali silaturahmi terus dijaga. Apalagi dalam menyongsong Pemilu 2024 nanti yang diprediksi lebih berat dari sebelumnya, sehingga komunikasi dengan pemangku wilayah setempat sangat diperlukan.

Dalam obrolan yang berlangsung gayeng itu, dibahas juga rencana hibah tanah dari Pemkab Kudus kepada KPU Kudus. ”Kantor yang kami tempati di Kelurahan Purwosari memang kurang representatif. Terlalu sempit. Baik gedung, parkir, dan gudangnya. Untuk itulah kami memohon adanya hibah tanah dari pemkab, supaya nantinya bisa dibangun kantor yang lebih representatif,” lanjutnya.

Adapun tanah yang dibutuhkan untuk kantor, parkir dan gudang, sekitar 2.000 meter persegi. Dengan luas tanah itu, diharapkan nantinya tidak menyewa gudang lagi ketika tahapan pemilu mulai berjalan.

Plt Bupati Kudus H.M. Hartopo menyambut baik kedatangan KPU Kudus. Menurutnya, meski tahun ini tidak ada pemilu, sudah seharusnya komunikasi tetap terjaga. Apalagi menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 yang lebih berat nanti, koordinasi harus dimulai sekarang. ”Mumpung tahun ini tidak ada pemilihan, saya juga minta tolong KPU melakukan evaluasi apa saja kekurangan dalam pilkada dan pemilu kemarin. Diharapkan kekurangan dan masukan dari masyarakat selama ini bisa diakomodir dan diselesaikan, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 nanti bisa lebih baik dari sebelumnya,” harap Plt Bupati Kudus H.M Hartopo.

Terkait hibah tanah dari pemkab ke KPU Kudus, Hartopo juga tidak mempermasalahkannya. Yang penting prosesnya sesuai aturan yang ada. ”Kami memang berharap KPU Kudus bisa mempunyai kantor yang lebih representatif. Karena itu (KPU) juga sebagai simbol keberhasilan (demokrasi) di Kudus,” ungkapnya.

Di akhir pertemuan itu, dari KPU Kudus menyerahkan buku laporan penyelenggaraan Pemilu 2019 serta memberikan kenang-kenangan piagam penghargaan dan buku profil DPRD Terpilih periode 2019-2024. (*)