STUDI KOMPARASI KPU KOTA MANADO TERKAIT CALON PERSEORANGAN

Bagikan :
STUDI KOMPARASI: KPU Kabupaten Kudus menerima kunjungan KPU Kota Manado, Rabu (23/01/2020).

 

KUDUS – KPU Kabupaten Kudus menerima kunjungan dari KPU Kota Manado terkait calon perseorangan, Rabu (22/01/2020).

KPU Kabupaten Kudus memang kerap menjadi tujuan studi komparasi calon perseorangan dari beberapa KPU Kabupaten Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Hal ini dikarenakan dua diantara lima kandidat yang maju dalam Pilkada Serentak Kudus 2018 merupakan calon perseorangan.

Diawali dengan perkenalan dari masing masing unit kerja, KPU Kabupaten Kudus diwakili oleh Dhani Kurniawan (Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan), Ahmad Kholil (Divisi Sosialisasi Parmasdiklih dan SDM), Miftahurrohmah (Divisi Perencanaan Data dan Informasi), Cahyo Maryadi (Divisi Hukum dan Pengawasan), Heri Darwanto (Sekretaris) dan seluruh Kasubbag, sedangkan KPU Kota Manado diwakili oleh Moch. Syahrul HS (Divisi Teknis Penyelenggaraan) didampingi oleh Yessi Yatty Momongan (Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara) beserta jajarannya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab seputar calon perseorangan Pilkada Serentak, “Tujuan kami kesini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman KPU Kabupaten Kudus dalam Pilkada Serentak 2018 terkait pencalonan perseorangan” ungkap Yessi Yatty Momongan.

Kemudian dijelaskan mengenai pengalaman pencalonan perseorangan dari KPU Kabupaten Kudus “sangat penting untuk berkomunikasi dengan tim LO dan operator SILON” ujar Dhani Kurniawan. Komunikasi ini menciptakan iklim kerjasama yang baik dalam sebuah tahapan calon perseorangan karena terkait dengan verifikasi data yang ada. “Semua tahapan harus clear dari awal, membagi tim sesuai dengan jumlah kecamatan, SOP harus jelas dan sedetail mungkin, petugas harus dibekali dengan surat tugas dan Id Card untuk verifikasi faktual. Sedangkan, untuk melayani calon perseorangan dapat dilakukan di hotel jika kondisi kantor tidak memungkinkan. Semua kegiatan mengacu pada Peraturan KPU” imbuhnya. Acara diakhiri dengan ucapan terimakasih dan ramah tamah. (*)