Maksimalkan Kinerja Pegawai, KPU Kudus Ciptakan Absensi Berbasis Android

Bagikan :

PRESENTASI: Tenaga Honorer KPU Kabupaten Kudus Rahendra Setyawan, menjelaskan cara kerja aplikasi Qerjaku.

 

KUDUS – Demi menjaga produktivitas kinerja pegawai selama pandemik Covid-19, Sekretaris KPU Kabupaten Kudus, Heri Darwanto berinisiatif untuk mengaktifkan absen virtual melalui aplikasi Qerjaku yang dapat diakses melalui handphone pribadi masing-masing pegawai. Hal ini sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 yang menganjurkan tidak menggunakan mesin absensi fingerprint di tempat kerja untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Aplikasi Qerjaku ini diciptakan oleh tenaga honorer KPU Kabupaten Kudus, Rahendra Setyawan yang merupakan lulusan sarjana komputer. Aplikasi ini memuat realtime kehadiran, laporan kinerja, posisi saya, yang dapat digunakan atasan untuk mendeteksi aktivitas para pegawai selama jam kerja. Proyeksi penggunaan aplikasi ini akan di trial selama bulan Juni dan akan diberlakukan di bulan Juli.

Presentasi penggunaan aplikasi Qerjaku dijalankan hari Selasa (02/06/2020) dengan diikuti oleh semua komisioner, pejabat beserta staf di lingkungan KPU Kabupaten Kudus. Dengan keberadaan aplikasi Qerjaku ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas para pegawai.(*)