Ditarget Rampung Tiga Hari KPU Kudus Percepat Pelipatan Surat Suara

Bagikan :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menargetkan pelipatan surat suara untuk pemilu pilpres rampung dalam tiga hari. Pelipatan sebanyak 605.000 lembar surat suara dipercepat mulai Jumat (20/6).
Sebelumnya KPU Kudus berencana memulai pelipatan surat suara Senin (23/6) mendatang. Namun untuk mengejar target persiapan logistik pilpres, pelipatan dan penyortiran surat suara pun dipercepat.
Komisioner KPU Kudus Eni Misdayani mengatakan, pelipatan dan penyortiran surat suara melibatkan 100 pekerja. Mereka mulai melipat suara Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB.
Untuk memudahkan pendistribusian, surat suara kemudian digabungkan setiap 100 lembar per bendel, terdiri empat bendel berisi masing-masing 25 lembar. “Pelipatan dan penyortiran surat suara kami targetkan rampung Minggu mendatang,” katanya.
Eni menambahkan, KPU mempercepat pelipatan surat suara agar segera diketahui berapa jumlah surat suara yang rusak. Surat suara yang mengalami kerusakan seperti berlubang, kertas robek, atau cetakan tidak jelas, tidak akan dipakai dalam pilpres yang digelar 9 Juli mendatang.
Berdasarkan pengalaman pileg lalu, dalam satu kardus surat suara sebagian ada yang tidak genap 2.000 lembar.
“Setelah nanti semua surat suara rampung dilipat, baru akan diketahui berapa surat suara yang rusak dan tidak layak, sehingga bisa segera dimintakan surat suara pengganti ke KPU Pusat,” katanya.
Surat suara yang dilipat meliputi sebanyak 604 ribu lembar surat suara untuk pilpres. Seribu lembar surat suara lainnya khusus untuk pemilu pilpres ulang. Eni mengatakan, KPU masih menunggu kiriman kekurangan surat suara pilpres yang mencapai 12 ribu lembar lebih.