KPU Kudus Tunggu Tambahan Surat Suara

Bagikan :

KUDUS, suaramerdeka.com – Bertambahnya jumlah pemilih di Kabupaten Kudus membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menghitung ulang kebutuhan riil surat suara pemilu presiden. Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu kiriman tambahan surat suara sebanyak 2.053 lembar.
Khanafi mengatakan, tambahan surat suara itu untuk mengganti surat suara yang rusak dan menggenapi kekurangan kiriman KPU Pusat. Jika surat suara itu sudah ada, dia optimistis persediaan surat suara mencukupi.
“Di setiap TPS jumlah surat suara sebanyak DPT ditambah dua persen. Meski jumlah pemilih bertambah, kami yakin surat suara ditambah cadangan akan mencukupi,” katanya, Senin (30/6).
Jumlah pemilih di Kabupaten Kudus mencapai 604.840. Jumlah ini terdiri dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 604.305 pemilih dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 535 pemilih. Jumlah pemilih diperkirakan akan bertambah karena KPU menerima permohonan formulir A5 hingga 250-an warga luar daerah.
Jumlah pemilih bisa saja bertambah jika ada warga yang belum terdaftar, ingin mencoblos berbekal KTP. “Meski jumlah pemilih terus bertambah, dimungkinkan jumlah DPT juga turun karena ada pemilih yang meninggal, maupun pindah ke luar Kudus,” terangnya.
Khanafi meminta warga luar daerah segera mengambil A5 untuk diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), maksimal tiga hari sebelum pencoblosan.
Dengan melapor lebih awal, mereka bisa disebar ke sejumlah TPS agar tidak mengelompok di satu TPS saja. “Penyebaran ini juga mempertimbangkan ketersediaan surat suara,” katanya.
( Saiful Annas / CN33 / SMNetwork )