KPU Kab. Kudus Mulai Distribusikan Surat Suara

Bagikan :
 

KUDUS, 04/07/2014– Persiapan pelaksanaan pemilu presiden di Kabupaten Kudus terus dikebut. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus pagi ini mulai mendistribusikan logistik pemilu. Termasuk surat suara ke kecamatan.

Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan, wilayah kecamatan terjauh seperti Kecamatan Dawe, Gebog, dan Jekulo menjadi prioritas pertama pengiriman logsitik pemilu. “Logstik pemilu untuk TPS sudah kami kemas di kotak suara, yang mulai didistribusikan pagi ini,” katanya, Jumat (4/7).

Disebutkan, logistik berupa surat suara, sampul, alat coblos dan berkas lainnya dimasukan dalam kotak suara. Sementara daftar pasangan capres dan daftar pemilih tetap (DPT) tidak dimasukan dalam kotak suara.

Total TPS di Kabupaten Kudus sebanyak 1.588 TPS yang tersebar di 132 desa di sembilan kecamatan. Kotak suara akan didistribusikan ke PPK di masing-masing kecamatan. Kotak suara akan menginap di kantor kecamatan hingga didistribusikan ke PPS dan TPS pada H-1 (sehari sebelum pencoblosan–red).

“Karena masih ada kekurangan dua ribu lebih surat suara, logistik dua desa di Kecamatan Kota belum bisa kami salurkan, menunggu kiriman dari KPU pusat. Kami telah meminta PPK menyiapkan tempat penyimpanan yang aman dan meminta bantuan kepolisian untuk pengamanannya,” katanya.

Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai menyiapkan lokasi penyimpanan. Ketua PPK Dawe M Zainul Anwar mengatakan, persiapan penyimpanan logistik pilpres tak berbeda jauh dengan pileg lalu.

Pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus untuk penyimpanan kotak suara. Ruangan tersebut akan dijaga pihak kepolisian dan petugas Satpol PP yang bertugas di kantor kecamatan. “Persiapan sama seperti ketika pendistribusian logistik pileg lalu. Kami siapkan tempat aman dan steril dengan penjagaan ketat aparat keamanan,” katanya.