PENDIDIKAN PEMILIH PEMULA PADA SMK TAMAN SISWA

Bagikan :

IMG_0099 IMG_0102

Hari Kedua Senin, 26 Oktober 2016 Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Kudus diisi oleh divisi sosialisasi, Hubla dan Pencalonan Eni Misdayani, S.Ag, M.M dan seorang staf Sunoto, SH bertempat di SMK Taman Siswa sementara Dhani Kurniawan, SE, M.M divisi Pemungutan dan penghitungan suara  didampingi Aris Kurniawan, ST di SMA Gebog.  Pemahaman tentang demokrasi dan pemilu   diperoleh siswa dari pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengetahuan yang mereka dapatkan dari sekolah terkadang terbentur kondisi riil di lapangan membentuk kerangka pikir mereka tentang demokrasi dan pemilu menjadi beragam.

Kegiatan pendidikan pemilih ini sangat efektif dengan menggunakan metode BRIDGE (Building Resourses In Democracy Government and Election). Melalui metode ini antusiasme  dan partisipasi aktif siswa  dapat digali. Mengawali pendidikan ini pemateri berusaha mencari tahu sejauh mana pengetahuan mereka tentang demokrasi dan pemilu. Berbagai pendapat, pertanyaan maupun kesimpulan muncul dari generasi yang ternyata disinilah terlihat bahwa mereka adalah pemilih cerdas.

Melalui merekalah kita gantungkan harapan besar akan tumbuhnya demokrasi yang semakin baik di Indonesia, kabupaten Kudus khususnya. Kegiatan yang diawali dengan code of conduct agar berjalan tertib dan diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk mewujudkan demokrasi yang bersih dan bermartabat, Pemuda adalah agen demokrasi siap jadi pelaku sejarah bukan penonton apalagi pecundang. (EM)