KPU KABUPATEN KUDUS DUKUNG PELAKSANAAN PILKADES KUDUS TAHUN 2016

Bagikan :

Kudus (1/4) Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor: 2 Tahun 2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa beserta Petunjuk Pelaksanaannya. Dalam kurun waktu bulan Januari s/d April 2016, di Kabupaten Kudus akan dilaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa pada 6 (enam) desa, meliputi Desa Mejobo dan Desa Hadiwarno (Wilayah Kecamatan Mejobo), Desa Loram Kulon (Wilayah Kecamatan Jati), Desa Kaliputu dan Desa Langgardalem (Wilayah Kecamatan Kota Kudus) serta Desa Getasrabi (Wilayah Kecamatan Gebog, pelaksanaannya ditunda karena calon kepala desa yang mendaftar tidak memenuhi syarat).

Berdasarkan surat Sekretaris Daerah Kudus yang ditujukan kepada Ketua KPU Kabupaten Kudus, tanggal 29 Januari 2016 Nomor: 140/0334/01 perihal Permohonan Pinjam Pakai Bilik Suara dan Kotak Suara, antara lain, disebutkan bahwa, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 April 2016. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Kepala Desa dimaksud, KPU Kudus dapat meminjamkan logistik berupa kotak suara dan bilik suara kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa.

Menurut keterangan Sumarsono staf Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik yang menangani logistik, sampai dengan, tanggal 25 Maret 2016, sudah 5 (lima) desa mengajukan pinjam pakai kotak suara dan bilik suara. Setelah diproses, tanggal 30 Maret 2016, kotak suara dan bilik suara telah diambil oleh petugas untuk digunakan pemungutan dan penghitungan suara. Baerdasarkan rekapitulasi, logistik yang dipinjam terinci sebagai berikut: Desa Loram Kulon = kotak suara 10 buah, bilik suara 30 buah, alat coblos 30 buah dan alas coblos 30 buah. Desa Hadiwarno = kotak suara 9 buah, bilik suara 16 buah. Desa Mejobo = kotak suara 16 buah, bilik suara 32 buah, alat coblos 32 buah dan alas coblos 32 buah. Desa kaliputu =kotak suara 6 buah dan bilik suara 18 buah, sedangkan peminjam terakhir, Desa Langgardalem = kotak suara 5 buah dan bilik suara 10 buah. (Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik)