KETUA KPU PROVINSI JATENG BUKA DIKLAT MANAGEMEN SDM DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT KPU KAB/KODYA

Bagikan :

Kudus (16/05/2016) “Sumber daya manusia merupakan elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen lain, seperti modal, teknologi dan uang, sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain”. Hal tersebut dikatakan oleh Joko Purnomo Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, saat membuka acara pendidikan dan latihan managemen SDM di lingkungan sekretariat KPU Kabupaten/Kodya se Jawa Tengah. Selanjutnya dikatakan, pelatihan dan pengembangan SDM menjadi suatu keniscayaan bagi organisasi, karena menempatkan secara langsung dalam pekerjaan tidak menjamin mereka akan berhasil. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan dan latihan sebagai upaya organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan pegawai secara terencana, ini yang disebut dengan pengembangan SDM.

Menurut Joko Purnomo, Diklat bertujuan untuk merubah sikap dan perilaku SDM untuk mencapai produktivitas kerja yang lebih tinggi  dalam menghadapi tantangan masa depan. Sedangkan manfaat diklat ada 5 (lima) antara lain: pertama, meningkatnya produktifitas kerja dengan kualitas yang lebih baik, kedua, membuka seluruh jaringan komunikasi, ketiga, menumbuhkan keterbukaan, kebersamaan, dan kerjasama dengan sesama personil, keempat, menumbuhkan rasa nyaman dan kepuasan dalam bekerja, sedangkan yang terakhir, mempercepat peyesuaian diri dengan perkembangan dari eksternal.

Diklat managemen SDM berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 10 s/d 13 Mei 2016 bertempat di Star Hotel Semarang, diikuti oleh Kepala Sub Bagian Umum, Logitik, dan Keuangan Sekretariat  KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Sedangkan materi yang diberikan ada 7 (tujuh) antara lain, Sekretariat sebagai supporting sistem Pilkada berbudaya di Jawa Tengah, disampaikan oleh Joko Purnomo Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah. Kebijakan KPU dalam meningkatkan SDM guna mensukseskan Pemilu/Pilkada, disampaikan oleh Sigit Pamungkas anggota KPU. Penjelasan Tukin terhadap komitmen, loyalitas, disiplin dan dedikasi PNS di lingkungan Sekretariat KPU, disampaikan oleh Masnur Sutanta Kepala Bagian Perencanaan dan Pengadaan SDM Biro SDM KPU. Tehnis penyusunan SKP sesuai PP 46 Tahun 2011 di Sekretariat KPU disampaikan oleh Sholeha Kasubdit pada Biro SDM. Kedudukan ASN sesuai UU 5 Tahun 2015 dalam netralitas Pilkada disampaikan oleh Juandi Kepala Bagian Mutasi BKD Provinsi Jawa Tengah. Reward dan punishmen PNS berdasarkan PP 53 Tahun 2010 disampaikan oleh Kepala Sub Bagian pada BKD Jawa Tengah. Sedangkan, materi yang terakhir, Arah kebijakan KPU Provinsi dan simpulan disampaikan oleh Gatot Bambang Hastowo, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah. (Sub Bagian Umum, Logistik, dan Keuangan Sekretariat KPU Kabupaten Kudus).