INDONESIA “KECIL” YANG DEMOKRATIS DI UMK LEWAT e-VOTE

Bagikan :

Untuk meregenerasi kepemimpinan organisasi ditingkat mahasiswa di BEM Fakultas maupun Universitas di Universitas Muria Kudus, tanggal 23 Juni 2016 ini BEM UMK akan menyelenggarakan Pemilu Raya Mahasiswa, baik ditingkat fakultas maupun universitas. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor III Hendy Hendro waktu berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten Kudus pada hari Rabu, 8 Juni 2016 yang lalu untuk koordinasi dalam hal kebutuhan bilik suara yang akan digunakan di Pemilu Raya tersebut. Dalam kunjungannya pula beliau sempat berdiskusi dengan tiga anggota KPU yaitu Eni Misdayani, Dhani Kurniawan, dan Syafiq Ainurridho tentang kegiatan BEM UMK yang akan menyelenggarakan Pemilu Raya Mahasiswa dengan sistem e-vote. Dan kegiatan pemilu raya mahasiswa yang menggunakan e-vote, saat ini merupakan satu-satunya sistem yang digunakan oleh mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah.

Kemudian pada hari Senin, 13 Juni 2016 pukul 14.00. WIB., KPU Kabupaten Kudus juga menerima kunjungan dari BEM, KPUM, Panwas Pemilu Raya mahasiswa yang berjumlah 25 mahasiswa. Para petinggi mahasiswa tersebut datang berkunjung dalam rangka berdiskusi masalah kepemiluan, kendala yang selama ini dihadapi oleh penyelenggara pemilu dalam melaksanakan pemilu, dan disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Kudus secara langsung, yaitu Mokh. Khanafi dan didampingi pula oleh anggota KPU yang lain yaitu Eni Misdayani, Dhani Kurniawan, dan Syafiq Ainurridho.

Dari hasil tersebut diharapkan BEM, KPUM, dan Panwas Pemilu Raya Mahasiswa akan belajar lebih banyak tentang aturan-aturan, maupun teknis pelaksanaan pemilu, diantaranya adalah pemutaakhiran data pemilih, masalah pencalonan, aturan kampanye, sanksi-sanksi bagi peserta pemilu dan aturan penyelenggara pemilu yang harus netral, independen dan berintegritas.

Acara tersebut diakhiri dengan harapan dari KPU Kabupaten kudus terhadap mahasiswa supaya setelah selesai belajar dan kembali ke masyarakat, mereka dapat menjadi pegiat demokrasi dan mampu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya Pemilu. []. (ridlo)