PEMBERIAN PENGHARGAAN BAGI PNS BERPRESTASI DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT KPU KABUPATEN KUDUS

Bagikan :

 

IMG_0115

Kudus (15/08/2016), Dalam upaya meningkatkan kinerja bagi PNS di lingkungan Sekretariat  KPU Kabupaten Kudus dan dalam rangka memperingati HUT RI ke 71 Tahun 2016, KPU Kabupaten Kudus menyelenggarakan penilaian staf untuk memilih PNS berprestasi Tahun 2016.

Penilaian PNS berprestasi dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang meliputi delapan aspek, yaitu aspek orientasi pelayanan (kualitas kerja), integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, kepemimpinan, inovasi dan komunikasi. Sedangkan mekanisme yang digunakan, antara lain Sekretaris KPU Kabupaten Kudus, melalui Kepala Sub Bagian melakukan penilaian terhadap staf di lingkungannya sesuai kategori dan aspek penilaian. Selanjutnya, kepala subbagian mengusulkan staf dengan nilai terbaik untuk menerima penghargaan disertai catatan-catatan rekomendasi dan Sekretaris KPU Kabupaten Kudus menetapkan satu orang untuk masing-masing kategori dengan surat keputusan.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penilaian yang dihimpun Sub Bagian Umum, PNS berprestasi tahun 2016 tingkat KPU Kabupaten Kudus, sebagai berikut, staf fungsional umum berprestasi terbaik subbagian Hukum diraih Diah Muktining Rahayu, staf fungsional umum berprestasi terbaik Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik yaitu Heddy Ardhani, AP, SE, staf fungsional umum berprestasi terbaik subbagian Program dan Data adalah Andika Teguh Prasetya, SIP, dan staf fungsional umum berprestasi terbaik subbagian Teknis Penyelenggara dan Hupmas diberikan kepada Ayhu Ngabekti, SE.

Adapun rincian 8 aspek penilaian PNS berprestasi Sekretariat KPU Kabupaten Kudus, sebagai berikut: pertama, aspek orientasi pelayanan (kualitas kerja) terdiri dari kecepatan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dan keberhasilan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Kedua, aspek integritas, terdiri dari, tingkat tanggung jawab terhadap pekerjaan, tingkat kepercayaan pimpinan atas pemberian tugas dan konsisten dalam menjalankan nilai-nilai organisasi. Ketiga, aspek komitmen, terdiri dari tingkat motivasi kerja, pantang menyerah, keinginan berprestasi, keinginan untuk berpartisipasi, dan melakukan pekerjaan yang terbaik. Keempat, aspek disiplin, terdiri dari ketepatan waktu kehadiran dan ketaatan pada peraturan. Kelima, aspek kerjasama terdiri dari kemampuan menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain, menghargai orang lain, kemampuan membagi tugas dengan orang lain dan peka terhadap lingkungan. Keenam, aspek kepemimpinan, terdiri dari kemampuan untuk memotivasi bawahan/orang lain, visi dan misi kerja, kemampuan bekerja di bawah tekanan, keteladaan, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan negosiasi dan kemampuan mempegaruhi dan mengajak untuk lebih baik. Ketujuh, aspek inovasi, terdiri dari, memiliki wawasan luas, berani melakukan perubahan, kemampuan mengungkapkan ide/gagasan, inisiatif dan kreatif. Sedangkan aspek yang terakhir adalah aspek komunikasi terdiri dari sikap ramah, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait dan kejelasan dalam memberikan informasi (Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik)