SOSIALISASI PARTISIPASI PEMILIH DI IKATAN GURU TK KABUPATEN KUDUS

Bagikan :

 

14971735_10207661594961973_1559771669_oKudus (03/11/2016), Pada hari Kamis, tanggal 3 November 2016, bertempat di TK Pertiwi Kecamatan Undaan Kudus, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menghadiri undangan dari Ikatan Guru TK (IGTK) Kabupaten Kudus untuk memberi sosialiasasi mengenai Partisi Pemilih dalam Pemilu. Acara tersebut dihadiri pengurus IGTK Kabupaten Kudus, masing-masing 3 perwakilan per kecamatan, yakni sekitar 27 peserta.

Acara dimulai pukul 10.30 wib dengan pembukaan, mars, laporan IGTK Kabupaten Kudus, sosialisasi dari KPU Kabupaten Kudus, lain-lain, dan penutup. Sesi Sosialisasi disampaikan oleh Eni Misdayani, diawali dengan ucapan terimakasih atas waktu yang disediakan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang berkaitan dengan partisipasi pemilih dalam pemilu, manfaat pemilu, macam-macam pemilu, pemilu berdasarkan tingkat dan waktu, pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Kudus, partisipasi masyarakat, syarat pemilih, dan pemilih cerdas. Sosialisasi ini dititik beratkan pada peran masyarakat dalam Pemilu, yakni sebagai peserta, badan penyelenggara, dan pemilih. Adapun tujuan diadakan sosialisasi di tingkat guru TK antara lain karena para guru mempunyai peran besar untuk menanamkan karakter ke anak-anak dalam melahirkan para pemimpin yang berkualitas. Karena satu saja yang memahami, maka akan menjadi tunas dan memberikan manfaat pada yang lainnya. Selain itu, para guru dapat berperan aktif tidak hanya sebagai pemilih akan tetapi dapat berperan sebagai peserta pemilu ataupun badan penyelenggara pemilu dan harapannya materi sosialisasi dapat bermanfaat dan disampaikan ke lingkungan terdekat para peserta. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan waktu pilkada serentak yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kudus yakni jatuh di Bulan Juni Tahun 2018.

Pada akhir sesi, Eni Misdayani mengajak para Guru TK se Kabupaten Kudus untuk berpartisipasi aktif dalam politik dan tidak golput, jika terdapat pelanggaran, maka harus lapor ke pengawasan, serta menjadi pemilih yang cerdas agar dapat menghasilkan pemimpin yang baik.