KPU Kudus Menggelar Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Calon Peserta Pemilu 2019

Bagikan :

Senin (2/10) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Kudus yang dihadiri oleh partai politik dan panwas. Acara ini dimulai pada pukul 09.30 WIB dan bertempat di Bunga Tanjung meeting room Hotel @Hom. Kegiatan ini merupakan agenda pertama dalam agenda persiapan pemilihan umum 2019.Tercatat, ada 16 partai yang menghadiri sosialisasi pada hari tersebut.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara KPU, Panwaskab, dan Parpol peserta pemilu dalam proses pelaksanaan pendaftaran, verifikasi kelengkapan dan kebenaran data Parpol yang akan mendaftar sebagai peserta Pemilu.

Acara dibuka langsung oleh ketua KPU Kudus,  Moh Khanafi.Dalam sambutannya, Moh Khanafi menyampaikan bagaimana proses pendaftaran parpol menjadi peserta pemilu kepada peserta sosialisasi serta sejumlah syarat ketentuan suatu partai politik dapat menjadi peserta Pemilu tahun 2019.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yang dipimpin oleh Naily Syarifah dari Divisi Hukum KPU Kudus. Dalam pengarahannya Naily menyampaikan bahwa Parpol lama dan baru untuk dapat mengikuti Pemilu 2019,dilakukan dengan mendaftar kepada KPU dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Dalam proses pendaftaran, Partai Politik diwajibkan untuk memasukkan data ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan memastikan kesesuaian berkas pendaftaran dengan data yang dimasukkan ke SIPOL.

Dijelaskan pula mengenai syarat-syarat dokumen yang harus dilengkapi Parpol untuk mendaftar sebagai Parpol peserta Pemilu, alur kerja pendaftaran, penelitian administrasi, dan verifikasi faktual.Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan pula bahwa Tim Verifikator akan dibentuk dari internal KPU Kudus dengan tujuan meminimalisir permasalahan di lapangan terkait penugasan wilayah verifikasi.