KPU Kabupaten Kudus siap laksanakan Verifikasi Faktual Partai Politik

Bagikan :
Ketua KPU Kabupaten Kudus membuka acara persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politk Peserta Pemilu 2019  (Dok Pribadi KPU Kudus).
Ketua KPU Kabupaten Kudus membuka acara persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politk Peserta Pemilu 2019 (Dok Pribadi KPU Kudus).

 

Kudus, Kpu-kuduskab.go.id-,  Pasca putusan Mahkamah Konstitusi  Nomor  53/PUU-XV/2017 tentang  verifikasi faktual dinyatakan berlaku terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Kpu kabupaten Kudus bergerak cepat dalam hal ini langsung mengundang Pimpinan Partai Politik melalui petugas penghubung (LO) partai  untuk mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada (27/01) siang di Aula KPU Kab Kudus, dibuka oleh Ketua KPU Moh Khanafi, dalam pembukaannya beliau memaparkan bahwa semua peserta politik wajib dilakukan verifikasi, mulai kepengurusan, domisili kantor, anggota partai dll harus sesuai berkas yang diserahkan, untuk verifikasi tersebut dilakukan mulai 30 Januari- 1 Februari 2018.

Kegiatan ini dipimpin oleh Naily Syarifah Komisioner KPU Kudus Divisi Hukum, beliau juga menjelaskan tata cara verifikasi. Adapun cara verifikasi meliputi Mendatangi kantor pengurus Kab/Kota untuk cocokan kebenaran nama Ketua, Sekreataris  dan Bendahara atau sebutan lainya pada susunan yang tercantum dalam Lamp 2 Model F3-Sipol dengan kepengurusan Provinsi dengan SK Pimpinan Pusat atau Provinsi Parpol, mendatangi kantor pengurus Kab/Kota untuk mencocokan kebenaran daftar nama pengurus perempuan yang tercantum dalam Lamp 3 Model F3-Sipol dengan kepengurusan Pusat dengan SK Pimpinan Pusat atau Provinsi Parpol. Untuk verifikasi  keanggotan dilakukan dengan memverifikasi sampel anggota partai tersebut sebanyak 5% dari data keanggotaan masing-masing partai politik. Dalam verfikasi, KPU Kab/Kota dapat didampingi Bawaslu Kab/Kota.

Bila hasil verifikasi tersebut :Parpol dinyatakan BMS, Parpol bisa melakukan perbaikan hasil verifikasi tersebut akan dituangkan dalam berita Acara Hasil Verifikasi. (MNF)