Puluhan Mahasiswa UMK Ikuti KPU Goes to Campus

Bagikan :

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus menggelar KPU Goes to Campus via webinar Selasa pagi (17/11/2020). Kali ini bekerja sama dengan Universitas Muria Kudus dengan tema Demokrasi Sehat di Era Milenial.

Dalam acara yang digelar dari pukul 09.00-11.30 itu, dimoderatori Cahyo Maryadi, Anggota KPU Kudus Divisi Hukum dan Pengawasan. Adapun narasumbernya, yang pertama Lidya Christina Wardhani, S.H., M.H., M.Kn, Dosen Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus, dan Miftahurrohmah, S.Pd., M.Sc, Anggota KPU Kabupaten Kudus Divisi Program, Data dan Informasi.

Acara berlangsung yang diselenggarankan secara vitual itu diikuti sebanyak 98 peserta. Dalam sambutanya, Naily Syarifah, Ketua KPU Kabupaten Kudus berpesan kepada para peserta untuk mengikuti acara hingga akhir dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Rektor Universitas Muria Kudus, Suparnyo, juga mengapresiasi KPU Kabupaten Kudus karena tetap semangat melaksanakan pendidikan pemilih meski di tengah pandemi.

Narasumber pertama Lidya Christina Wardhani menjelaskan mengenai demokrasi di Indonesia. Menurutnya, demokrasi harus dipandang sebagai tujuan dan esensi dari demokrasi merupakan proses menuju ke arah yang lebih baik.

Narasumber selanjutnya, Miftahurrohmah menjelaskan mengenai bagaimana demokrasi yang sehat di era milenial. Dijelaskan juga sikap/pandangan kaum Milenial terhadap politik. Terkadang mereka memang apatis tetapi optimisme generasi milenial ini ditunjukkan dengan menjadi aktivis.

Acara berlangsung menarik, meskipun dilaksanakan secara virtual namun peserta sangat antusias mengikuti jalanya webinar. Terbukti pada saat sesi diskusi dan tanya jawab banyak peserta yang bersemangat bertanya mengenai materi yang didiskusikan baik melalui live chat atau bertanya secara langsung. Acara ditutup dengan closing statement dari salah satu narasumber Miftahurrohmah. ”Mari Kawal Demokarsi. Pemilih Berdaulat Indonesia Kuat.” (*)