KPU Kudus Hadiri Undangan Kesbangpol Bahas Kepastian Pilkada

Bagikan :

Kudus- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus memenuhi undangan Kesbangpol Kabupaten Kudus perihal pembahasan penganggaran Tahun 2022 untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2023.

Bertempat di ruang rapat kantor Kesbangpol, acara dilaksanakan pada hari Senin (8/3/2021) dimulai pukul 09.30 WIB. Selain KPU Kabupaten Kudus, hadir pula perwakilan dari Bappeda, BPPKAD, Bagian Tata Pemerintahan dan Bawaslu Kabupaten Kudus.

Pada kesempatan ini, Kepala Kesbangpol Harso Widodo menanyakan mengenai kepastian penyelenggaraan Pilkada Tahun 2023. Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Naily Syarifah selaku Ketua KPU Kabupaten Kudus, bahwa sesuai perkembangan termutakhir, pelaksanaan Pilkada secara serentak dilaksanakan bulan November Tahun 2024. Hal ini disebabkan karena batalnya pembahasan RUU Pemilu oleh DPR.

Agenda rapat dilanjutkan dengan penyampaian rancangan RAB dari KPU Kudus dan Bawaslu. Beberapa masukan dan koreksi disampaikan oleh peserta rapat, diantaranya penggunaan Indeks Pemerintah Daerah sebagai standar biaya dalam penyusunan RAB.

Bappeda menjelaskan, anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada sudah di proyeksikan jika memang terjadi di tahun 2023. Karena Pilkada serentak diselenggarakan tahun 2024, KPU Kudus mengusulkan  dana proyeksi Pilkada dialihkan menjadi Hibah Non Pilkada di tahun 2022.

Berkaitan dengan hal tersebut, KPU Kudus diminta untuk segera mengirimkan dokumen pengajuan hibah. Persetujuan Hibah Non Pilkada akan di bahas lebih lanjut tergantung pada urgensi kegiatan yang diajukan. Lebih lanjut, pihak Pemerintah Daerah menyatakan tidak keberatan dengan pengalihan dana tersebut. (hupmas)