Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Optimalkan Kerjasama dengan Stakeholder

Bagikan :

KUDUS- Dalam rangka Pemutakhiran Daftar Pemilih, KPU Kabupaten Kudus melaksanakan Rapat Koordinasi dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan I, Senin (29/3/2020). Rapat bertempat di aula lantai 2 kantor KPU Kabupaten Kudus.

Rakor dihadiri oleh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Kabupaten Kudus serta Instansi terkait, antara lain dari PEPABRI Kudus, Bawaslu Kabupaten Kudus serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus.

Pada kesempatan kali ini disampaikan bahwa, KPU Kudus telah berkirim surat kepada Polres, Kodim, PEPABRI, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus dan Pengadilan Agama. Namun hingga  pelaksanaan rakor, KPU telah menerima data dari Polres dan Pengadilan Agama terkait data dispensasi menikah dalam waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan rakor . Data-data tersebut masih perlu dilakukan validasi sehingga belum dapat dimasukan dalam proses rekapitulasi pada periode ini.

Bawaslu memberikan masukan kepada KPU untuk melakukan sinkronisasi perubahan data pemilih dengan Instansi terkait . Bawaslu juga meminta kepada PEPABRI untuk menyampaikan data Purnawirawan yang TMS karena meninggal dunia.

Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, M. Soleh mengatakan, berdasarkan petunjuk dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri terkait dengan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan diharapkan KPU Kabupaten Kudus untuk berkoordinasi langsung dengan KPU RI, namun demikian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus bersedia memberikan data agregat potensial pemilih kepada KPU.

Sebelum Rakor diakhiri, Ketua KPU Kudus mengusulkan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menyebarluaskan formulir tanggapan masyarakat terkait DPB. Selain itu, KPU meminta kerjasama Bawaslu untuk membantu Pemutakhiran Daftar Pemilih dengan membuat layanan tanggapan dan masukan dari masyarakat.

Hasil rapat koordinasi ditindaklanjuti dengan penetapan Berita Acara Nomor 08/PL.01.2-BA/3319/KPU-Kab/III/2021 tentang Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan I Tahun 2021 sebanyak 613.488 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 301.790 dan pemilih  perempuan 311.698. (rendatin/hupmas)