Ngobar Semangat Edisi Ke-6: Kupas Tuntas Mutarlih

Bagikan :

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus kembali menggelar Ngobar Semangat (Ngopi Bareng setiap Selasa Minggu Keempat) edisi ke-6, pada Selasa pagi, 21 September 2021. Kali ini temanya tentang Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, dengan narasumber Dhani Kurniawan (Anggota KPU Kudus) dan Heri Darwanto (Sekretaris KPU Kudus).

Acara yang dimulai pukul 08.00 itu, diikuti seluruh pegawai di lingkungan KPU Kabupaten Kudus. Heri Darwanto membuka diskusi dengan Pembinaan Kepegawaian dan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang baru diundangkan tanggal 31 Agustus 2021.

Hal ini ditujukan agar lebih meningkatkan kedisiplinan sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan KPU Kabupaten Kudus, terutama memperhatikan kewajiban dan larangan bagi Pegawai Negeri Sipil dan sanksi yang akan dikenakan bagi yang melanggarnya.

Adapun Dhani Kurniawan memaparkan, dalam Pemutakhiran Data Pemilih secara teori ada tiga hal yang dilakukan. Pertama memasukkan, kedua mencoret atau mengeluarkan dan yang ketiga adalah memperbaiki. “Cuma ketiga hal itu saja caranya, simpel tetapi teknisnya yang rumit” tegasnya.

Maksud dari memasukkan itu, lanjut Dhani, adalah memasukkan pemilih yang memang memenuhi syarat sebagai pemilih dan itu harus dimasukkan. Adapun mencoret atau mengeluarkan, dalam hal ini adalah mengeluarkan pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat lagi seperti meninggal dunia, menjadi TNI/POLRI dan sebagainya. Sedangkan memperbaiki dalam hal ini memperbaiki elemen datanya, seperti memperbaiki nama atau NIK yang invalid.

Narasumber menjelaskan beberapa tahap dimulai sejak data DP4 diterima dari Kemendagri sampai penetapan dan pengumuman, bahkan detail sampai pada pemeliharaan daftar pemilih. Lika-liku DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) dan DPK (Daftar Pemilih Khusus) yang terjadi saat sebelum pencoblosan.

Miftahurrohmah selaku pengampu Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menambahkan, bahwa Pemutakhiran Data Pemilih terus dilakukan meskipun diluar tahapan Pemilu. Partisipasi aktif masyarakat diperlukan guna menyempurnakan Data Pemilih. KPU Kabupaten Kudus sendiri telah membuat form tanggapan masyarakat yang dimuat dalam website KPU Kabupaten Kudus (bit.ly/dpbKudus).

 

Materi yang dibawakan itu membuat diskusi semakin hidup dengan adanya tukar pengalaman dan tanya jawab antar peserta diskusi. (Hukum/Hupmas)