Hadirkan Inovasi, KPU Kudus Sabet Juara I

Bagikan :

Kudus-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus meraih Penghargaan Terbaik Pertama Kategori Inovasi Divisi Hukum dan Pengawasan, Senin (29/11). Inovasi yang hadir selama tahun 2021 yaitu kegiatan “Ngobar Semangat”, Pojok JDIH, E-Katalog JDIH dan Domino (Dokumentasi Rapat Pleno). Ngobar Semangat merupakan kegiatan diskusi rutin yang dilaksanakan setiap bulannya di minggu keempat. Mengusung tema yang berbeda, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta berbagi pengalaman kepemiluan. Pojok JDIH mengambil konsep perpustakaan untuk produk-produk hukum yang meliputi keputusan-keputusan dan berita acara yang dibuat oleh KPU Kabupaten Kudus. E-Katalog merupakan inovasi yang dibuat untuk memudahkan pengunjung JDIH mencari produk hukum sesuai kategorinya. Sedangkan Domino adalah aplikasi internal yang dibuat sebagai wadah untuk mendokumentasikan dokumen-dokumen serta hasil dari rapat pleno.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah dalam acara Sosialisasi Rencana Pengaturan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024 serta Rencana Kegiatan Pemutakhiran Data Partai Politik Berkelanjutan Secara Elektronik yang diikuti oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Divisi Hukum dan Pengawasan dari 35 Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah.

Bertempat di aula kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi KPU Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Jawa Tengah agar membuat inovasi-inovasi terkait kepemiluan dan mengembangkan potensi masing-masing.“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan bagi KPU Kabupaten/Kota lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerjanya”, ungkapnya lebih lanjut.

Penghargaan tersebut diterima oleh Cahyo Maryadi selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kudus. Meskipun telah banyak inovasi yang dilakukan, Cahyo mengungkapkan rencana untuk menghadirkan inovasi baru terkait pendataan partai politik di wilayah Kabupaten Kudus, KPU Kabupaten Kudus berencana membuat SIDAPOL (Sistem Data Partai Politik) untuk memudahkan partai politik menyiapkan tahapan pendaftaran partai politik pada Pemilu 2024. (hupmas)