Sharing Experiences untuk Perkuat Lembaga Penyelenggara Pemilu

Bagikan :

Kudus-Ketua KPU Kabupaten Kudus, Naily Syarifah menerima kunjungan KPU Kota Salatiga di aula KPU Kabupaten Kudus, Selasa (14/12/2021). Hadir dalam kunjungan itu, anggota KPU Kota Salatiga Divisi Teknis Penyelenggaraan, Dayusman Junus dan Divisi Hukum dan Pengawasan, Wiwin Agus beserta Kasubbag dan staf. Sementara, Naily Syarifah didampingi seluruh Anggota KPU Kabupaten Kudus beserta Sekretaris, Kasubbag dan staf.

Acara dibuka dengan ucapan selamat datang serta perkenalan anggota KPU Kabupaten Kudus serta struktur kesekretariatan oleh Naily. Dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan oleh Dayus. “Kami berharap dari kunjungan ini, kita dapat saling berbagi pengalaman, masalah serta solusi selama menangani pengelolaan JDIH dan dokumen hasil Pemilu”, sambungnya.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kudus, Cahyo Maryadi menyampaikan paparan mengenai pengelolaan JDIH. Mulai dari proses awal penyusunan produk hukum hingga proses terakhir pengadministrasian pengolahan produk hukum di laman JDIH. Selain itu, Cahyo juga menyampaikan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Divisi Hukum dan Pengawasan diantaranya memaksimalkan sarana dan prasarana teknologi komunikasi dan informasi antara lain aplikasi Domino dan E-Katalog.

Aplikasi Domino (Dokumentasi dan Informasi Rapat Pleno) adalah aplikasi internal yang digunakan sebagai media digitalisasi Pendokumentasian dan Pengadministrasian Informasi kegiatan Rapat Pleno sedangkan E-Katalog merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media inventarisasi katalog digital perundang-undangan, hal lain yang menjadi pertimbangan KPU Provinsi koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kudus mendapatkan Penghargaan sebagai satuan kerja Terbaik I Kategori Inovasi Bidang Hukum dan Pengawasan se-Jawa Tengah yaitu dengan adanya kegiatan yang berlangsung terus menerus setiap bulannya di minggu keempat yang dikemas dengan Ngopi Bareng Minggu Keempat (Ngobar Semangat). Kegiatan ini adalah kegiatan kajian dan diskusi bersama yang dilakukan oleh KPU dengan jajaran kesekretariatan KPU Kabupaten Kudus. Adapun materinya saat ini terkait dengan kesekretariatan dan kepemiluan.

Dhani Kurniawan, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kudus menyampaikan secara singkat tentang pengelolaan dokumen Pemilu. Tidak ada permasalahan berarti yang muncul dalam pengelolaan dokumen Pemilu karena wilayah Kabupaten Kudus yang tidak terlalu luas. Dokumen Pemilu disimpan dalam bentuk digital, sedangkan untuk fisik dokumen jika telah habis masa retensinya akan diperlakukan sesuai aturan kearsipan.

Fokus sharing experiences and knowledge kali ini berkisar seputar aplikasi yang membantu sistem kerja di KPU Kabupaten Kudus dan pengelolaan dokumen hasil Pemilu di awal pelaksanaan Pemilu. Selain DOMINO, ada beberapa aplikasi lain untuk membantu sistem kerja KPU Kabupaten Kudus, seperti aplikasi absensi, aplikasi laporan kinerja harian serta aplikasi persuratan.

Hasil kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam pengelolaan JDIH agar lebih siap untuk menghadapi Pemilu 2024. Sedangkan, permasalahan dan solusi pengelolaan dokumen hasil Pemilu dari masing-masing kabupaten/kota dapat dijadikan pedoman untuk pengelolaan dokumen hasil Pemilu 2024 yang lebih baik dan transparan.(hupmas)