Refleksi Akhir Tahun 2021, Evaluasi Kegiatan dan Kinerja

Bagikan :

Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus kembali menggelar Ngobar Semangat (Ngopi Bareng Selasa Minggu Keempat) edisi ke-9, Selasa (28/12). Ngobar Semangat kali ini terasa berbeda karena diadakan di tempat sejuk dengan pemandangan indah di lereng gunung muria. Bertepatan dengan akhir tahun, maka tema yang dipilih adalah Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Kinerja tahun 2021.

 

Mengawali kegiatan tersebut, Sekretaris KPU Kabupaten Kudus, Heri Darwanto menyampaikan capaian kinerja dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang kesekretariatan. Secara umum, target dan rencana yang telah ditetapkan pada awal tahun dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik. Ini menjadi modal awal untuk melaksanakan tugas dan target yang dicanangkan untuk tahun depan terutama pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2024 yang akan dimulai tahun 2022.

 

Heri juga mengingatkan agar dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas yang diberikan tidak semata-mata mengejar output (kuantitas) saja, tapi juga memperhatikan outcome (benefit dan impact). Dalam aspek kedisiplinan dapat dikatakan bahwa tingkat kedisiplinan pegawai Sekretariat KPU Kabupaten Kudus sudah cukup tinggi. Semoga ini bukan semata-mata karena tunjangan kinerja dan aplikasi absensi pegawai yang memang tidak bisa dimanipulasi. Tetapi murni karena kesadaran dan tanggung jawab sebagai seorang ASN.

 

Namun, Heri masih melihat korelasi kedisiplinan dan peningkatan kinerja yang tidak sejalan pada beberapa pegawai. Hal ini diakibatkan karena pegawai tersebut masih menerapkan pola kerja seperti “Ojek Online” yaitu doing by order atau working by order yakni baru bekerja ketika ada perintah. “Belum ada inisiatif untuk bekerja secara mandiri ketika tidak ada perintah atau telah selesai melaksanakan perintah dari atasan”, imbuhnya.

 

Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Miftahurrohmah selaku pemandu acara menyampaikan bahwa acara ini tidak dimaksudkan untuk menguliti atau mencari kesalahan dari teman-teman Sekretariat, namun sebaliknya dia mengapresiasi kinerja Sekretariat dalam mendukung dan memfasilitasi tugas-tugas Komisioner. Namun demikian kekurangan-kekurangan yang ada dalam pelaksanaan pekerjaan atau kegiatan sepanjang tahun 2021 menjadi catatan untuk diperbaiki kedepannya dan hal-hal yang dirasa sudah baik untuk terus ditingkatkan.

 

Evaluasi yang paling disorot adalah persiapan dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 dan tugas kesekretariatan yang selama ini telah berjalan di lingkungan KPU Kabupaten Kudus. Para anggota komisioner berpesan bahwa setiap pegawai harus siap ditempatkan dimana saja apabila diperlukan perubahan posisi dalam pekerjaan, bukan masalah suka atau tidak suka akan tetapi dikarenakan kebutuhan organisasi dalam hal ini kebutuhan KPU Kabupaten Kudus.

 

Disamping itu, Komisioner KPU juga menyampaikan kepada jajaran Sekretariat untuk meningkatkan kompetensi dan pemahamannya terkait dengan kepemiluan agar fasilitasi dan pelayanan yang diberikan oleh Sekretariat KPU terhadap pelaksanaan tugas-tugas Komisioner KPU sebagai penyelenggara Pemilu dapat lebih optimal dan berkualitas. (hukum/hupmas)