Jelang Pemilu 2024, KPU Kudus Mulai Kunjungi Partai Politik

Bagikan :

KUDUS-Dengan diresmikannya hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, KPU Kabupaten Kudus memulai agenda kunjungan kepada partai politik di Kabupaten Kudus. Untuk mengawali agenda tersebut, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kudus melakukan kunjungan ke kantor DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kudus, Selasa (15/2).

Kunjungan diterima oleh jajaran pengurus beserta staf di ruang rapat kantor DPC PKB Kabupaten Kudus. Ketua KPU Kabupaten Kudus, Naily Syarifah menyampaikan bahwa kunjungan kali ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai sosialisasi awal pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Selain itu, kunjungan ini dapat dimanfaatkan oleh partai politik sebagai ajang diskusi untuk persiapan menghadapi Pemilu Serentak.

Divisi teknis penyelenggaraan, Dhani Kurniawan menambahkan jika saat ini KPU RI sedang merancang roadmap teknologi informasi dan komunikasi yang akan digunakan untuk menunjang tahapan Pemilu Serentak 2024. Nantinya seluruh aplikasi yang digunakan akan saling terintegrasi satu sama lain. Ketelitian dari partai politik dibutuhkan saat pengisian data nama anggota partai di SIPOL, terutama terkait nama anggota, nomor KTA dan NIK. Selain itu, jumlah minimal kepengurusan di tingkat kecamatan dan keterwakilan perempuan juga menjadi poin utama yang harus diperhatikan.

DPC PKB Kabupaten Kudus sudah memulai kegiatan untuk mempersiapkan diri menyambut Pemilu Serentak. “Saat ini kami mulai melakukan roadshow ke pengurus di tingkat kecamatan untuk memulai penjaringan anggota”, terang Suparno, Bendahara DPC PKB Kabupaten Kudus.

Kunjungan berlanjut menjadi sesi diskusi mengenai permasalahan yang mungkin muncul pada saat tahapan verifikasi partai politik serta solusi penyelesaiannya. Tahapan ini merupakan tahapan paling awal yang akan dihadapi oleh partai politik. Diharapkan kesalahan yang terjadi sebelumnya tidak terulang lagi dan partai politik lebih siap untuk menghadapi tahapan ini.

Di akhir kunjungan, Naily meminta kerjasama pengurus DPC PKB Kabupaten Kudus untuk ikut berperan serta dalam proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. “Jika ada anggota yang saat ini baru berusia 17 tahun, pengurus DPC PKB Kabupaten Kudus bisa melaporkan agar dimasukkan dalam daftar pemilih berkelanjutan”, pesannya. (hupmas)