Verifikasi Calon Peserta Pemilu, Parpol Diminta Siapkan Data Dukung

Bagikan :

KUDUS-Tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah semakin dekat, banyak hal yang telah dipersiapkan KPU Kabupaten Kudus, termasuk dengan mengunjungi partai politik untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak 2024. Agenda kunjungan tersebut berlanjut dengan mengunjungi DPC Partai Nasdem Kabupaten Kudus yang bertempat di Jl. Mayor Kusmanto No. 15 Rendeng Kudus, Rabu (23/2).

 

Fokus pembahasan kali ini adalah kesiapan data dukung syarat pendaftaran partai politik peserta Pemilu. Data dukung sebagai syarat pendaftaran partai politik memang rawan terjadi ketidaksesuaian, maka dari itu KPU Kabupaten Kudus selalu menghimbau Partai Politik untuk menyiapkannya dari sekarang. Hingga saat ini kemungkinan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik tidak berbeda jauh dari Pemilu tahun 2019 lalu.

 

Penetapan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 jatuh pada tanggal 14 Februari 2024, diperkirakan verifikasi partai politik yang akan dimulai pada pertengahan tahun 2022. Partai Politik masih punya banyak cukup waktu untuk mempersiapkan data dukung persyaratan pendaftaran Pemilu Serentak sesuai dengan ketentuan.

 

Lebih lanjut, KPU Kabupaten Kudus juga menjelaskan berbagai hal terkait Pemilu Serentak 2024, termasuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Setiap bulannya KPU Kabupaten Kudus melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Serentak mendatang. KPU Kabupaten Kudus juga membuka layanan bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memberikan masukan agar masuk ke dalam DPT.

 

Muhtamat selaku bendahara DPC Partai Nasdem Kabupaten menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kudus. Dengan adanya kunjungan ini, dapat dimanfaatkan partai politik untuk mendiskusikan ha-hal terkait persiapan partai politik untuk menghadapi tahapan Pemilu Serentak. Ketika tahapan akan dimulai, KPU Kabupaten Kudus meminta parpol calon peserta Pemilu untuk mendaftarkan petugas penghubung (LO) yang nantinya berfungsi untuk memudahkan komunikasi pada saat tahapan Pemilu Serentak berlangsung. (kul/hupmas)