KPU Tekankan Ketelitian dalam Pengisian SIPOL

Bagikan :

KUDUS- Dalam rangka mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak 2024, setiap minggunya KPU Kabupaten Kudus menjadwalkan kunjungan kerja ke partai politik. Minggu ini KPU Kabupaten Kudus mengunjungi 4 (empat) partai politik yaitu DPC Partai Hanura pada Senin (14/3), DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Selasa (15/3) serta DPD  Partai Gelora dan DPC Partai Bulan Bintang (PBB) dikunjungi pada hari yang sama yaitu Kamis (17/3).

Dari semua tahapan Pemilu Serentak 2024, tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik merupakan tahapan yang paling dekat, diperkirakan akan dimulai pada pertengahan tahun 2022. Karena itu, syarat-syarat terkait pendaftaran dan verifikasi partai politik masih menjadi fokus utama dalam setiap kunjungan kerja KPU Kabupaten Kudus.

Tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik akan menggunakan aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) sebagai alat bantu. Naily Syarifah, Ketua KPU Kabupaten Kudus menekankan ketelitian dalam pengisian SIPOL untuk menghindari adanya data ganda. Dhani Kurniawan Divisi Teknis Penyelenggaraan menambahkan bahwa partai politik  harus mempersiapkan persyaratan untuk upload di aplikasi SIPOL, yang direncanakan mulai dibuka aksesnya pada bulan April 2022. “Partai politik di tingkat kabupaten harus selalu berkoordinasi dengan DPP masing-masing, dikarenakan penginputan aplikasi SIPOL dilakukan oleh DPP Partai Politik. KPU Kabupaten nantinya hanya mengunduh data untuk verifikasi administrasi dan verifikasi faktual melalui aplikasi SIPOL tersebut,” ungkapnya lebih lanjut.

KPU Kabupaten Kudus mengingatkan kepada setiap partai politik jika ada perubahan kepengurusan, domisili atau petugas penghubung partai untuk segera menyampaikan kepada KPU Kabupaten Kudus. Beberapa persyaratan administrasi seperti meliputi SK Kepengurusan Partai, jumlah keterwakilan perempuan dan alamat kantor sudah harus disiapkan mulai dari sekarang.

Keempat partai politik yang dikunjungi menyampaikan bahwa mereka sudah mulai mempersiapkan dokumen persyaratan serta kebutuhan untuk tahapan pendaftaran dan verifikasi. Dari keempat partai tersebut, 3 (tiga) partai belum memiliki pengalaman kepemiluan karena merupakan partai baru dan partai lama dengan kepengurusan baru. Oleh karena itu, mereka memohon bantuan serta kerjasama KPU Kabupaten Kudus untuk menghadapi setiap tahapan Pemilu.

KPU Kabupaten Kudus menegaskan kesiapan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada seluruh partai politik. Partai politik memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi dan bantuan dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pemilu. KPU Kabupaten Kudus akan membentuk helpdesk sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada partai politik dan masyarakat. Helpdesk tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi maupun untuk konsultasi dan diskusi. (hukum/rendatin/humas)