Gencarkan Koordinasi dengan DPP untuk Siapkan SIPOL

Bagikan :

KUDUS-Roadshow dalam rangka sosialisasi tahapan Pemilu Serentak 2024 memasuki minggu terakhir. 3 (tiga) partai politik yang dikunjungi yaitu Partai Berkarya dan Partai Garuda pada Rabu (30/3) serta Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) pada Kamis (31/3).

 

Tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik sudah semakin dekat, KPU Kabupaten Kudus meminta partai politik calon peserta Pemilu untuk serius menyiapkan persyaratan yang akan diunggah pada waktu pendaftaran. Terlebih bagi partai politik yang belum lolos Parliamentary Threshold pada 2019 harus melalui tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

 

KPU menyiapkan inovasi digitalisasi dan sistem teknologi informasi untuk mendukung Pemilu 2024. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang akan digunakan dalam waktu dekat adalah aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik). Partai politik calon peserta Pemilu wajib mengunggah dokumen persyaratan kedalam aplikasi SIPOL. Seluruh tahapan pendaftaran dan verifikasi akan dilakukan melalui SIPOL sehingga ketelitian baik dari partai politik maupun KPU harus diperhatikan. Sebagai partai baru, koordinasi dan komunikasi aktif dengan DPP harus dimulai karena pengisian SIPOL dilakukan oleh DPP.

 

SIPOL sendiri akan dibuka 120 hari sebelum masa pendaftaran berlangsung. Dengan adanya rentang waktu tersebut, dapat dimanfaatkan partai politik untuk menyiapkan kelengkapan dokumen dan data dukung syarat pendaftaran. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah susunan keanggotaan, Kartu Tanda Anggota (KTA), keterwakilan perempuan dan keberadaan kantor.

 

Selanjutnya, Miftahurrohmah anggota KPU Kudus Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengingatkan kepada partai politik peserta Pemilu untuk turut membantu melaporkan jika ada anggotanya yang telah memasuki usia 17 tahun agar dapat dimutakhirkan dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Cara melaporkannya juga cukup mudah yaitu dengan membuka website KPU Kabupaten Kudus kemudian mengisi link yang telah disediakan atau melalui aplikasi “Lindungi Hakmu”.

 

Ketiga partai politik yang dikunjungi mengapresiasi kegiatan tersebut karena informasi yang disampaikan akan membantu persiapan partai politik untuk  menghadapi Pemilu 2024. Meskipun sudah pernah menjadi peserta Pemilu 2019, ketiga partai politik tersebut menyatakan perlunya bimbingan dari KPU karena adanya beberapa perubahan regulasi yang digunakan. KPU Kabupaten Kudus siap membantu partai politik selama tahapan Pemilu 2024 agar tercipta Pemilu yang aman, tertib dan damai. (hukum/rendatin/humas)